Selamat Datang di Digestex Media

Welcome to Digestex Media

PERANG DAGANG AS – CHINA PACU PENINGKATAN EKSPOR TPT VIETNAM


Desember 2018



Industri TPT VietnamIndustri TPT Vietnam

Perang dagang antara Amerika – China terlihat berdampak pada peningkatan ekspor tekstil dan produk tekstil (TPT) Vietnam cukup signifikan tahun ini dibandingkan dengan peningkatan beberapa tahun sebelumnya. Peningkatan ekspor TPT Vietnam tahun ini diperkirakan meningkat hingga 15% atau bahkan lebih tinggi lagi. Departemen perindustrian dan perdagangan Vietnam merilis bahwa capaian ekspor TPT mereka dalam 9 bulan (Januari – September 2018) mengalami peningkatan sebesar 17%. per tahun Dalam beberapa tahun terakhir rata-rata peningkatan ekspor TPT mencapai 10%.


Dari berbagai sumber melaporkan bahwa ekspor TPT Vietnam tahun ini ditargetkan mencapai US$35 miliar seiring dengan terus meningkatnya order khususnya dari Amerika pasca perang dagang. Ketua Asosiasi Pertekstilan dan Apparel Vietnam dalam suatu kesempatan mengatakan bahwa permintaan ekspor dari Amerika terus mengalami peningkatan. Trend peningkatan ini kelihatanya akan terus berlangsung di tahun-tahun mendatang. Disamping itu, kerjasama dagang (FTA) Vietnam – Uni Eropa yang memberikan akses pasar dan dukungan pemerinah membuat investasi asing khususnya di industrI spinning dan weaving terus mengalir di negara dan memperkuat struktur industri pertekstian Vietnam.


Peningkatan order dari AS tahun ini sangat tinggi seiring dengan pengenaan tarif tambahan untuk tekstil dan produk tekstil asal China. Menurut laporan resmi dari Departemen Perdagangan Amerika (USTR) Amerika kembali mengenakan tariff tambahan sebesar 10% terhadap produk asal China termasuk untuk tekstil dan produk tekstil yaitu mulai dari serat kapas hingga pakain jadi yang masuk ke Amerika dengan total nilai perdagangan mencapai US$200 miliar Ini dilakukan karena pengenaan tarif sebelumnya sebagai sanksi atas perdagangan yang tidak fair China dinilai tidak memperbaiki akses pasarnya. China bahkan membalasnya dengan pengenaan tarif tambahan 5-10% terhadap produk Amerika senilai US$60 miliar.


Sampai saat ini, dibandingkan dengan beberapa negarai yang melakukan ekspor TPT ke Amerika, industri pertekstilan Vietnam sangat berdampak posistif dengan perang dagang ini. Pada tahun 2017 total ekspor TPT Vietnam mencapai US$31 miliar naik sekitar 10% dari tahun sebelumnya. Pasar utama TPT Vietnam adalah Amerika Serikat, Uni Eropa, Korea, China, Jepang dan negara anggota TPP- 11 negara.